Saturday, November 14, 2015

ABSTRAKSI

ABSTRAK

Sutriani, Nanik. 2015. Pengaruh Pembelajaran PAIKEM dan Retensi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhaar Sukorejo dan Sekolah Dasar Negeri 1 Ngrayung Gandusari Trenggalek Tahun Pelajran 2014/2015. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Hartono, M.Si., (II) Dr. Suhari, M.Si.

Kata Kunci: Paikem , Retensi Belajar, Hasil Belajar

Masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM terhadap Hasil Belajar IPA, 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Retensi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA, dan 3) Apakah terdapat interaktif yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM dengan Retensi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bentuk quasi experimental design tipe nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 264, dengan sampel (purposive sampling) 54 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelompok (eksperimen dan kontrol). Data dikumpulkan dengan metode tes. Teknik analisis data statistika deskriptif dan analisis varians satu dan dua arah.
Hasil analisis varians satu arah untuk menjawab dan menguji hipotesis pertama dan kedua diketahui 1)  F-hitung = 65,225 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 (Ho ditolak). 2)  F-hitung = 7,029 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 (Ho ditolak). Hasil analisis varians dua arah untuk menjawab dan menguji hipotesis ketiga diketahui 3) F-hitung = 3,943 dengan probabilitas 0,014 < 0,05 (Ho ditolak). Hasil Uji T Test menunjukkan sebelum perlakuan terdapat signifikasi sebesar 2,069 > 0,05 artinya sebelum pembelajaran siswa tidak memiliki perbedaan prestasi belajar, sedangkan setelah  diberikan perlakuan terdapat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 artinya setelah pembelajaran siswa memiliki perbedaan prestasi belajar karena metode yang berbeda dan PAIKEM memiliki mean lebih tinggi (90,00).
Simpulan penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM terhadap Hasil Belajar IPA, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara Retensi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA, dan 3) terdapat interaktif yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM serta Retensi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA dengan koefisien determinasi 80,2 %. Untuk pembuktian lebih lanjut (verifikasi) perlu dilakukan penelitian dengan subyek atau populasi  pada sekolah umum (MI), karena jenis sekolah tersebut memiliki karakter yang berbeda dengan Sekolah Dasar  (SD). Untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan optimalisasi perkembangan peserta didik,  peneliti selanjutnya disarankan menambah variabel-variabel bebas seperti sarana dan prasarana sekolah, dan motivasi berprestasi.



ABSTRACK

Sutriani, Nanik. 2015. Effect of PAIKEM and Retention Study to the Learning Outcomes Natural Science Lesson (IPA) students of SDIT Al-Azhaar Gandusari and SDN 1 Ngrayung. Thesis, Department of Educational Technology, Post Graduate of University of PGRI Adi Buana Surabaya. Supervisor: (1) Dr. Hartono, M.Si, (II) Dr. Suhari, M.Si.

Keywords: Paikem, Retention Study, Learning Outcomes.

Problems of this researcssh are: 1) Is there any influence between the learning outcomes that apply PAIKEM and retention Study in Natural Science lesson, 2) Is there a significance influences in the learning outcomes of students who have different retention, and 3) Is there any Significant interactive influences between PAIKEM and Retention Study to the student’s learning outcomes in IPA.
This research is a quantitative form of quasi-experimental design types of nonequivalent control group. A population of 264, with a sample (purposive sampling) 54 learners were divided into 2 groups (experimental and control). Data were collected by questionnaire and tests. The data analysis technique are descriptive statistical and variance analysis of one and two-way.
Results of one-way analysis of variance and test the hypothesis to answer the first and second note 1) F-count = 65,225 with probability 0.000 < 0.05 (Ho is rejected); 2) F-count = 7,029 with probability 0.002 < 0.05 (Ho is rejected). Results of a two-way analysis of variance and test the hypothesis to answer the three known 3) F-count = 3,943 with probability 0.014 <0.05 (Ho is rejected). before treatment are of significance for 2,069 > 0.05 means that before learning of students do not have differences in learning achievement, whereas after treatment are given significance 0.000 < 0.05 means that after learning of students have different learning achievement because different methods and PAIKEM have a mean more productive creative high (90,00)
The conclusions of this study are 1) There is a difference between the learning outcomes that apply PAIKEM and Retention Study in subjects IPA, 2) There is a significance influence in the student’s learning outcomes who have different retention, and 3) There is a significant interactive effects between PAIKEM and Retention Study on IPA’s learning outcomes with a coefficient of determination of 80.2%. For further verification, it is necessary to study with the subject or population in public schools (MI), because the type of school they have the character that is different from the elementary schools (SD). For the development of science and optimization of the development of learners, further research is recommended to add independent variables such as school facilities and infrastructure, and achievement motivation



No comments:

Post a Comment