ABSTRAK
Sutriani, Nanik. 2015. Pengaruh Pembelajaran PAIKEM dan Retensi Belajar Terhadap Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Azhaar
Sukorejo dan Sekolah Dasar Negeri 1 Ngrayung Gandusari Trenggalek Tahun
Pelajran 2014/2015. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Pascasarjana
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Hartono, M.Si., (II)
Dr. Suhari, M.Si.
Kata Kunci: Paikem ,
Retensi Belajar, Hasil Belajar
Masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM
terhadap Hasil Belajar IPA, 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Retensi Belajar
terhadap Hasil Belajar IPA, dan 3) Apakah terdapat interaktif yang signifikan antara Pembelajaran
PAIKEM dengan Retensi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bentuk quasi experimental design tipe nonequivalent control group design.
Populasi berjumlah 264, dengan sampel (purposive sampling) 54 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelompok (eksperimen dan
kontrol). Data
dikumpulkan dengan metode tes. Teknik analisis data statistika deskriptif dan analisis varians satu dan dua arah.
Hasil analisis varians satu arah untuk menjawab dan
menguji hipotesis pertama dan kedua diketahui 1) F-hitung = 65,225 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 (Ho ditolak). 2) F-hitung = 7,029 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 (Ho
ditolak). Hasil analisis varians dua arah untuk menjawab dan menguji hipotesis
ketiga diketahui 3) F-hitung = 3,943 dengan probabilitas 0,014 < 0,05 (Ho ditolak). Hasil Uji T Test menunjukkan sebelum
perlakuan terdapat signifikasi sebesar 2,069 > 0,05 artinya
sebelum pembelajaran siswa tidak memiliki perbedaan prestasi belajar, sedangkan setelah diberikan perlakuan terdapat
signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 artinya setelah pembelajaran siswa memiliki perbedaan prestasi
belajar karena metode yang berbeda dan PAIKEM memiliki mean lebih tinggi (90,00).
Simpulan penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM
terhadap Hasil Belajar IPA, 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara Retensi Belajar terhadap
Hasil Belajar IPA, dan 3) terdapat interaktif yang signifikan antara Pembelajaran PAIKEM serta
Retensi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA dengan koefisien determinasi 80,2 %. Untuk pembuktian lebih lanjut
(verifikasi) perlu dilakukan penelitian dengan subyek atau populasi pada sekolah umum (MI), karena jenis sekolah
tersebut memiliki karakter yang berbeda dengan Sekolah Dasar (SD). Untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan
optimalisasi perkembangan peserta didik,
peneliti selanjutnya disarankan menambah variabel-variabel
bebas seperti sarana dan prasarana sekolah, dan motivasi berprestasi.
ABSTRACK
Sutriani, Nanik. 2015. Effect of PAIKEM and Retention Study to the Learning Outcomes Natural
Science Lesson (IPA) students of SDIT Al-Azhaar
Gandusari and SDN 1 Ngrayung. Thesis, Department of
Educational Technology, Post Graduate of University of PGRI Adi Buana Surabaya.
Supervisor: (1) Dr. Hartono, M.Si, (II) Dr. Suhari, M.Si.
Keywords: Paikem,
Retention Study, Learning Outcomes.
Problems of this researcssh are: 1) Is there any influence between
the learning outcomes that apply PAIKEM and retention Study in Natural Science
lesson, 2) Is there a significance influences in the learning outcomes of
students who have different retention, and 3) Is there any Significant
interactive influences between PAIKEM and Retention Study to the student’s
learning outcomes in IPA.
This research is a quantitative form of quasi-experimental design
types of nonequivalent control group. A population of 264, with a sample (purposive
sampling) 54 learners were divided into 2 groups (experimental and control).
Data were collected by questionnaire and tests. The data analysis technique are
descriptive statistical and variance analysis of one and two-way.
Results of one-way analysis of variance and test the hypothesis to
answer the first and second note 1) F-count = 65,225 with probability 0.000
< 0.05 (Ho is rejected); 2) F-count = 7,029 with probability 0.002 < 0.05
(Ho is rejected). Results of a two-way analysis of variance and test the
hypothesis to answer the three known 3) F-count = 3,943 with probability 0.014 <0.05 (Ho is rejected). before treatment
are of significance for 2,069 > 0.05 means that before learning of students do not have
differences in learning achievement, whereas after treatment are given
significance 0.000 < 0.05 means that after learning of students have different learning
achievement because different methods and PAIKEM have a mean more productive
creative high (90,00)
The conclusions of this study are 1) There is a difference between
the learning outcomes that apply PAIKEM and Retention Study in subjects IPA, 2)
There is a significance influence in the student’s learning outcomes who have
different retention, and 3) There is a significant interactive effects between
PAIKEM and Retention Study on IPA’s learning outcomes with a coefficient of
determination of 80.2%. For further verification, it is necessary to study with
the subject or population in public schools (MI), because the type of school
they have the character that is different from the elementary schools (SD). For
the development of science and optimization of the development of learners,
further research is recommended to add independent variables such as school
facilities and infrastructure, and achievement motivation
No comments:
Post a Comment